Home » » Alexa Widget Have Been Retired?

Alexa Widget Have Been Retired?

Posted by Barupedia on Thursday, November 10, 2016



Bagi para blogger pemula seperti saya mungkin masih bertanya-tanya, siapakah alexa? Apakah yang menyanyikan lagi "Dewi"? Apakah nama bidadari dari surga? atau apakah nama gadis di tempat pijit? ataukah selingkuhannya pejabat? :D

Alexa merupakan sebuah perusahaan yang melakukan indeks website di seluruh dunia sekaligus melakukan penilaian dengan ranking tertentu. Ranking ini ditentukan dari tingkat popularitas website atau page view dari website tersebut. Semakin tinggi rankingnya (maka semakin kecil nilainya), maka itu menunjukan semakin besar traffic website tersebut. Konon katanya banyak perusahaan yang melihat ranking dari Alexa untuk menentukan website mana yang akan dijadikan mitra kerja (adsense).

Berikut ini saya kutip dari website resminya:
"Alexa’s Traffic Ranks are based on the traffic data provided by users in Alexa’s global data panel over a rolling 3 month period. Traffic Ranks are updated daily. A site’s ranking is based on a combined measure of Unique Visitors and Pageviews. Unique Visitors are determined by the number of unique Alexa users who visit a site on a given day. Pageviews are the total number of Alexa user URL requests for a site. However, multiple requests for the same URL on the same day by the same user are counted as a single Pageview. The site with the highest combination of unique visitors and pageviews is ranked #1. Additionally, we employ data normalization to correct for biases that may occur in our data."

Beberapa hari yang lalu saya mencoba untuk membuat widget Alexa. Sudah mencoba beberapa cara namun tidak pernah berhasil, sampai akhirnya mencari tau dan menemukan link ini:

https://support.alexa.com/hc/en-us/articles/201514680-Alexa-widgets-have-been-retired-October-2016

Informasi dari link tersebut jelas menyebutkan bahwa Alexa widget sudah tidak bisa dipakai per 26 Oktober 2016. Sebelumnya juga pernah ada pemberitahuan dari Alexa (masih dari sumber yang sama), yaitu :

"We are planning to retire the Alexa rank widgets in mid-October 2016. Until that time you can continue to use them with the information in this FAQ."

Dengan tidak bisa dipakai lagi widget alexa, maka untuk kita para blogger harap mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
- pertimbangkan untuk menghilangkan widget alexa dari blog anda, untuk menjaga kecepatan web/ blog anda.
- pertimbangkan juga untuk meng-update artikel-artikel anda mengenai "cara membuat widget alexa" untuk membantu para blogger lain agar tidak semakin tersesat :D
Terima kasih (SM)

Sumber;
https://support.alexa.com/

Thanks for reading & sharing Barupedia

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Translate to Your Language