Home » , » AIRSOFT GUN KWA KRISS VECTOR

AIRSOFT GUN KWA KRISS VECTOR

Posted by Barupedia on Monday, November 7, 2016

KWA Kriss Vector Airsoft Gun


Kriss Vector atau TDI Vector, adalah varian senpi yang dikembangkan oleh KRISS USA (sebelumnya diketahui sebagai TDI (Transformational Defense Industries)). Senpi ini memiliki sistem recoil yang disebut dengan sistem “Kriss Super V” berbeda dengan senpi lainnya, makanya kadang ada yang menyebutnya Kriss Vector Super V.

Kriss ini merupakan senjata yang didesain untuk abad ke 21, teknologi yang diterapkan di Kriss diklaim menjadi awal revolusi industri senjata api. Pada intinya sistem “Kriss Super V” ini mengarahkan bolt-off axis ke dalam rongga di belakang magazine, sehingga mengurangi efek recoil dan muzzle climb secara efektif, dengan begitu kontrol dan akurasi tembakan menjadi jauh lebih baik terutama ketika berhadapan dengan beberapa target.

Kriss ini dulu sempat populer di game point blank, sementara saya sendiri tertarik dengan kriss ini ketika melihatnya dalam film Total Recall (2012), semakin tertarik saat menonton Resident Evil Retribution (2012). 

Total Recall (2012)
Polisi menggunakan TDI Vector saat menyergap Rekall Clinic.



Ada lagi lebih jelas



Lori (Kate Beckinsale) menggunakan TDI Vector (<B.<B)





Douglas Quaid (Colin Farrell) menggunakan TDI Vector





Resident Evil Retribution (2012)

Resident Evil Retribution Poster (Sumber: www.imfdb.org)


Airsoft Gun KWA Kriss Vector

Versi airsoft Kriss Vector buatan KWA Taiwan ini menurut sumber tertentu dapat dikonversikan menjadi real steel, tentu dengan beberapa modifikasi. Dibuat dari bahan polimer berkualitas tinggi serta platform-nya memang dibuat serealistis mungkin. Sehingga, apabila dilihat secara kasat mata (tidak dibongkar) unit ini benar-benar seperti aslinya, folding stock yang dapat disesuaikan, charging handle yang realistis, bolt catch fungsional, flip-up front and rear sights, fitur blowback/ recoil, serta bisa ditembakan dengan mode single, two round burst dan full automatic. Airsoft KWA Kriss Vector ini memberikan pengalaman menembak yang paling realistis.

Berikut ini spesifikasinya lengkapnya:
-          desain dibuat berdasarkan real steel .45 ACP Kriss Vector SMG
-          menggunakan BB 6mm dengan mode tembak single, two round burst dan full automatic
-          lisensi full Kriss Vector di bodi
-          bahan polymer fiber untuk upper dan lower receiver
-          Inner frame alumunium alloy
-          20mm picatinny top rail untuk optic
-          picatinny rail untuk senter/ laser/ foregrip
-          folding stock yang dapat disesuaikan
-          sistem closed bolt, agar sesuai dengan simulasi sistem Kriss Super V delayed-blowback
-          memakai green gas dan long magazine dengan kapasistas 49 (+1 )
-          fire selector (and safety) ambidextrous
-          flip-up front and rear sights
-          ada kompartemen kecil di dalam grip
-          adjustable hop-up
-          berat 3350 gram, panjang 630mm / 400mm (stock dilipat)
-          + 360 FPS (tanpa power-up silencer)

Saya sendiri menggunakan Airsoft KWA Kriss Vector ini dengan tanpa modifikasi apa-apa, hanya penambahan aksesoris optic dan power-up silencer. FPS sekitar 340-380 sudah cukup untuk sukir CQB, walau kadang sayang kalau dipakai sukir :D jika menggunakan silencer fps sekitar 420 (di beberapa referensi web bahkan katanya tembus 490), cukup untuk sukir di outdoor.

KWA Kriss Vector Airsoft Gun dengan aksesoris optik

Berikut ini kesan saya saat menggunakan kriss:
-          Airsoft ini benar-benar dibuat dengan sempurna, finishing yang rapi, warna hitam yang tidak murahan. Sekilas terasa seperti memegang senpi sungguhan, karena lumayan berat saat dipakai sukir.
-          Sensasi recoil atau blowback tidak terlalu terasa jika dibandingkan dengan GBBR lain seperti MP7 Marui atau GHK G5, tapi menurut saya blowbacknya cukup agar tetap bisa menjaga akurasi.
-          BB menggunakan Madbull Precision 0.25, menggunakan green gas guarder biru, dengan fps rata-rata 360 sudah cukup, tanpa dimodifikasi macam-macam, hop-up pun tidak pernah diotak-atik walaupun tools-nya sudah disediakan dalam paket. Pada intinya setting-an dari pabrik sudah oke.
-          Untuk akurasi cukup bagus dengan range 30m, menggunakan BB 0.2 (standar), CTC sekitar 42cm. Sayangnya belum pernah di ukur saat menggunakan BB Madbull Precision/ Match 0.25, kemungkinan jauh lebih akurat karena BB lebih berat dan bundar sempurna.
-          Performance tidak pernah mengecewakan :D walau sempat BB tidak mau keluar dari magazine karena terlalu kering kurang pelumas. Problem yang muncul saat war game sebenarnya bukan dari unit Kriss-nya tetapi dari pemain lain yang menggunakan AEG, dimana mereka bisa burst BB seperti menyemprot air karena kapasitasnya ratusan, sementara pengguna GBBR mesti menggunakan taktik bagaimana caranya agar dapat menang dengan amunisi terbatas :D.
-          Magazine agak terlalu besar, hanya lebih kecil dari mag P90. Sulit juga menemukan aksesoris untuk mag ini (khususnya mag pouch), sehingga dipaksakan masuk ke mag pouch M4. Sempat dicoba ke mag pouch mp5 yang sama-sama panjang tetapi tidak masuk juga.
-          Sulit sekali menemukan aksesoris untuk airsoft ini semenjak Kriss USA menarik lisensi KWA untuk memproduksi model ini, kecuali aksesoris yang memang universal (aksesoris yang menggunakan picatinny rail). Jika ada pun harganya lumayan karena barangnya terbatas.


Power Up Silencer untuk KWA Kriss Vector


Magazine untuk KWA Kriss Vector


KWA Kriss Vector Popor Dilipat


KWA Kriss ini cocok untuk para pecinta airspoft gun khususnya para kolektor. Akan terlihat sangat keren saat unit ini dipajang di armory anda :D. Untuk perawatan tidak terlalu sulit asal dibersihkan diberi pelumas dan tidak dibawa sukir kotor-kotoran. Serta satu lagi, jangan lupa konsultasi dengan orang yang paham dengan airsoft (tuner/ seller) di komunitas anda, agar lebih tahu cara merawat GBBR sehingga lebih awet. (SM)

Sumber:
www.imfdb.org
https://en.wikipedia.org/wiki/KRISS_Vector

Thanks for reading & sharing Barupedia

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Translate to Your Language