Home » » Supermoon 14 November 2016

Supermoon 14 November 2016

Posted by Barupedia on Tuesday, November 15, 2016

Ilustrasi Supermoon sedang disaksikan para pengamat benda-benda luar angkasa
  Tahun 2016 ini memang masanya Indonesia menjadi perhatian dunia karena beberapa fenomena angkasa dapat dilihat dari bumi Indonesia. Pada Maret lalu, kita tentu masih ingat dengan fenomena gerhana matahari total dimana penampakan terbaiknya berada di beberapa tempat di Indonesia. Para wisatawan pun banyak berdatangan karena fenomena ini.

Hari ini tanggal 14 November 2016 terjadi fenomena supermoon, dimana bulan akan terlihat lebih besar daripada biasanya. Fenomena ini disebabkan jarak bulan lebih dekat dengan bumi dan bulan tidak akan berada di jarak sedekat itu sampai dengan tahun 2034. Supermoon terjadi pada fase bulan penuh atau biasa disebut dengan bulan purnama. Selain terlihat lebih besar, supermoon juga terlihat lebih terang daripada bulan purnama biasa, dan lagi-lagi, Indonesia menjadi tempat yang ideal untuk menyaksikannya.

Bulan purnama

Supermoon tanggal 14 November 2016 ini merupakan supermoon yang terdekat, terbesar, dan paling terang sejak tahun 1948. Bulan akan terlihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang dibanding purnama di titik terjauh dari Bumi. Waktu terbaik untuk menyaksikan ini adalah saat puncak purnama atau puncak perigee. Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai tempat ideal untuk menyaksikan supermoon, karena puncak perigee dan puncak purnama terjadi saat malam di Indonesia ketika bulan sudah berada di atas horizon. Berbeda dengan negara lain, yang mengalami puncak perigee dan puncak purnama saat siang hari, bulan masih berada di bawah horizon. 

Laut saat Bulan Purnama

Supermoon ini menyebabkan ombak akan lebih tinggi atau pasang surut yang lebih besar dari biasanya, seperti pasang yang terjadi saat fase bulan penuh (purnama). Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis selaras, dan tarikan gravitasi keduanya itu akan menyebabkan ombak lebih tinggi. Jika anda beruntung, anda dapat melihat tiga supermoon di tahun 2016 ini. Supermoon Oktober sudah berlalu, supermoon 14 November ini, dan supermoon nanti pada tanggal 13 Desember 2016. Ini merupakan peristiwa langka karena biasanya supermoon hanya terjadi satu kali setiap 13 bulan. 


*Sumber gambar pixabay.com




Thanks for reading & sharing Barupedia

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Post a Comment

Translate to Your Language