Home » » 5 Film yang Wajib Ditonton oleh Penggemar Militer dan Airsoft Gun Part 2

5 Film yang Wajib Ditonton oleh Penggemar Militer dan Airsoft Gun Part 2

Posted by Barupedia on Friday, October 28, 2016


Poster Lone Suvivor

Lone Survivor 2013

Film ini dibuat berdasarkan buku non-fiksi yang berjudul sama dan dibuat oleh Marcus Luttrell dan Patrick Robinson pada tahun 2007, kemudian dibuat filmnya pada tahun 2013 oleh Peter Berg (sutradata film Hancock tahun 2008 dan Battle Ship tahun 2012). Film ini juga diangkat berdasarkan kisah nyata Marcus Luttrell sendiri, dengan latar perang Afghanistan menceritakan tentang Operation Red Wings dengan misi untuk mencari dan melenyapkan pemimpin Taliban Ahmad Shah. Misi tersebut berakhir gagal dan nyaris semua personel U.S. Navy Seal tewas dalam misi tersebut, kecuali Marcus Luttrel.



Marcus Luttrel adalah seorang Sniper U.S. Navy Seal, melaksanakan operation red wings beserta 3 orang rekan Navy Seal lainnya, yaitu team leader Michael P. "Murph" Murphy, Matthew "Axe" Axelson, dan communications specialist Danny Dietz. Mereka menyusup ke daerah Afghanistan melalui daerah pegunungan, dimana di pegunungan tersebut mereka mengalami masalah komunikasi.

Saat akan tiba di lokasi yang dituju, secara tidak sengaja mereka ditemukan oleh beberapa orang gembala kambing, kemudian muncul perdebatan apakah gembala tersebut akan dilepaskan atau dibunuh. Pada akhirnya mereka memutuskan untuk melepaskan gembala kambing tersebut, dengan resiko keberadaan mereka diketahui oleh Taliban. Ternyata tidak lama setelah dilepaskan, mereka ditemukan oleh Taliban sebelum dapat melarikan diri. Disini konflik senjata mulai terjadi.

Mereka mencoba mempertahankan dan melarikan diri melalui pegunungan. Namun, mereka terpojok karena kalah jumlah dan kekuatan persenjataan serta sulitnya meminta bantuan karena masalah sinyal komunikasi. Saat semakin terpojok, mereka terpaksa melompat ke jurang sehingga mengalami luka serius.

Singkat cerita, mereka diburu oleh ratusan orang Taliban dan pada akhirnya hanya tersisa Marcus Luttrell yang masih hidup karena ditolong oleh salah satu penduduk desa Pashtun bernama Mohammad Gulab. Penduduk desa tersebut sangat menaati code of honor yang disebut dengan Pashtunwali, dimana semua suku diwajibkan untuk melindungi tiap individu dari musuhnya dan melindunginya dengan resiko apapun.

Berikut ini trailer filmya:


Main Cast:
-          Mark Wahlberg sebagai Marcus Luttrell, The hospital corpsman and sniper of a four-man reconnaissance and surveillance team, SEAL Team 10.
-          Taylor Kitsch sebagai Lieutenant Michael P. "Murph" Murphy, The team leader and spotter of SEAL Team 10.
-          Emile Hirsch sebagai Danny Dietz, SEAL Team 10's communications specialist and spotter.
-          Ben Foster sebagai Matthew "Axe" Axelson, SEAL Team 10's sniper.
-          Eric Bana sebagai Lieutenant Commander Erik S. Kristensen, SEAL Team 10's quick-reaction force (QRF) commander.

Fakta Unik:
1.       Marcus Luttrell dilatih oleh Brandon Webb (Instruktur Sniper Navy Seal) yang juga melatih dan Chris Kyle (American Sniper 2014). Webb berteman baik dengan Glenn Doherty yang tewas dalam peristiwa 2012 Benghazi Attack (13 Hours The Secret Soldier of Benghazi 2016).
2.       Kenyataannya berbeda dengan film, konflik senjata antara tim Marcus Luttrell dan Taliban berlangsung lebih lama dari film sekitar 5 hari.
3.       Scene jatuh dan berguling-guling ke jurang ini diambil di lokasi langsung tanpa bantuan CGI dan stuntman benar-benar terluka sehingga harus dimasukan ke rumah sakit.
4.       Veteran militer benar-benar dipakai dalam film ini untuk mengisi peran-peran lain.
5.       Sebelum pembuatan film dimulai, sutradara Peter Berg mengunjungi keluarga yang berkabung. Salah satunya ayah dari Danny Dietz, yang membacakan laporan otopsi secara detail 11 peluru yang menembus tubuh anaknya. Berg berkata, “He was reading that and crying, 'That's who my son was. That's how hard he fought. Make sure you get that right”.
6.       Berbeda dengan yang ditunjukan dalam film, pada kenyataanya Marcus Luttrell mengalami kelumpuhan dari dada ke bawah saat pertempuran tersebut, dan merangkak di tanah menggunakan pisau selama lebih dari sembilan jam.

Kesimpulannya, film ini tidak boleh anda lewatkan, masuk dalam top list 5 movies must watch before you die. Lone Suvivor merupakan film yang menggambarkan kisah nyata dengan baik, tidak melulu urusan perang menang dan semua senang seperti kebanyak film perang lainnya. Arsenal-arsenal yang muncul dalam film ini cukup banyak juga, seperti: Handguns Beretta 92FS dan Makarov PM yang banyak dipakai dalam game perang, Shotgun Mossberg 500 dan dobel barrel, Rifle favorit seperti M4A1 Carbine, Mk 12 Mod, dan rifle yang banyak dipakai oleh teroris seperti AKM, AK-47, AKMS, AKS-47. Tak ketinggalan sniper Rifle Norinco NDM-86. (SM)


Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Lone_Survivor
http://www.imdb.com/title/tt1091191/
https://www.youtube.com/watch?v=yoLFk4JK_RM

Thanks for reading & sharing Barupedia

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Kebetulan banget, gue lagi nyari film perang dan film sniper terbaik buat tontonan waktu luang. Thanks gan!

    ReplyDelete

Translate to Your Language